4.PIT ke-4

LATAR BELAKANG

                 Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Riset Kebencanaan merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk menggali peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penanggulangan bencana di Indonesia. Berawal dari peer review Rencana Nasional Penanggulangan Bencana [RENAS PB] 2010‐2014 pada tahun 2012, dimana peran ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam penanggulangan bencana masih sangat lemah dan parsial. Hal ini ditindaklanjuti dengan Workshop Riset Kebencanaan tahun 2013 dengan mengajak 12 perguruan tinggi untuk menyiapkan naskah akademis untuk masterplan per ancaman bencana. Oleh karena itu pelibatan para ahli kebencanaan dan hasil‐hasil riset kebencanaan disepakati dilakukan dalam acara Pertemuan Ilmiah Tahunan Riset Kebencanaan.

                PIT Riset Kebencanaan ke-1 kali diselenggarakan di Kota Surabaya pada tanggal 3‐5 Juni 2014, yang dibuka oleh Kepala BNPB, Prof. Dr. Syamsul Maarif. M.Si., dan menghasilkan dua keputusan penting, yaitu pembentukan organisasi Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) dan rekomendasi kepada calon presiden dan wakil presiden agar memasukkan aspek penanggulangan bencana dalam RPJMN 2015‐2019. Keanggotaan IABI meliputi peneliti, perekayasa, akademisi, dan praktisi kebencanaan. PIT Riset Kebencanaan Ke‐2 dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada tanggal 26‐28 Mei 2015 dan dibuka oleh Kepala BNPB, Prof. Dr. Syamsul Maarif.M.Si. dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., yang menghasilkan beberapa hal penting diantaranya adalah (a) pendataan ulang keanggotaan IABI yang telah mencapai 280 orang, (b) deklarasi Kampus Tangguh Bencana oleh Rektor UGM, Prof. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., dan, (c) tersusunnya Roadmap Riset Kebencanaan. Sedangkan PIT Riset Kebencanaan ke-3 diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung, pada tanggal 23‐24 Mei 2016. Kegiatan PIT ini diawali dengan  kegiatan car free day pada hari Minggu, 22 Mei 2016 pukul 06.00‐10.00 WIB di Jalan Dago, Bandung. Acara PIT dibuka oleh Rektor ITB Prof. Dr. Ir Kadrasah Suryadi, DEA., yang menghasilkan blue print riset kebencanaan sebagai acuan dalam perencanaan dan penganggaran kebutuhan penanggulangan bencana di Indonesia.

                Pada tahun ini, PIT riset kebencanaan ke-4 akan diselenggarakan di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat pada hari Senin-Rabu, 8-10 Mei 2017. Kegiatan PIT tahun ini akan dimulai dengan rangkaian kegiatan pra PIT yang akan diselenggarakan secara simultan dari bulan Januari-April 2017. Acara yang akan dilaksanakan pada kegiatan kegiatan PIT ke-4 diantaranya adalah Kegiatan pra PIT, kegiatan penggalangan dana UI Peduli, diskusi panel, pameran dan ignite stage, poster ilmiah, pemutaran film, studi ekskursi, seminar internasional, pleno, dan kegiatan lainnya.

TUJUAN

  1. Terbangunnya database pelaku penelitian/periset kebencanaan dari Lembaga Riset dan Perguruan Tinggi.
  2. Terwujudnya dialog dan sinergi pelaku penelitian/periset kebencanaan dari Lembaga Riset dan Perguruan Tinggi.
  3. Tersusunnya Blue-Print Riset Kebencanaan sebagai acuan dalam perencanaan dan penganggaran sesuai dengan kebutuhan penanggulangan bencana di Indonesia.
  4. Pelaku penelitian/periset kebencanaan dari Lembaga Riset dan Perguruan Tinggi.

 

PIT Riset Kebencanaan ke – 4

akan diselenggarakan di Universitas Indonesia pada tanggal 08-10 Mei 2017 .

 

 

 

Pendaftaran online: